[Pdf] Modul Pendalaman Bahan Aqidah Akhlak

[Pdf] Modul Pendalaman Bahan Aqidah Akhlak - Hallo sahabat epoolista, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul [Pdf] Modul Pendalaman Bahan Aqidah Akhlak, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Buku, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : [Pdf] Modul Pendalaman Bahan Aqidah Akhlak
link : [Pdf] Modul Pendalaman Bahan Aqidah Akhlak

Baca juga


[Pdf] Modul Pendalaman Bahan Aqidah Akhlak

Modul Pendalaman Materi Aqidah Akhlak

Modul Pendalaman Materi Aqidah Akhlak - Bagi bangsa Indonesia, agama merupakan sesuatu yang urgen dan menjadi bab integral dalam kehidupan sehari-hari. Dari perspektif historis, masyarakat Nusantara dari dahulu dikenal oleh masyarakat internasional sebagai masyarakat religius. Dengan demikian, sekalipun bukan Negara Agama,  Indonesia meletakkan agama sebagai sesuatu yang sangat penting. Bahkan, sila pertama Pancasila sebagai dasar negara berbunyi: Ketuhanan Yang Maha Esa. Dari pemahaman di atas, sanggup dipahami bahwa Negara Indonesia dibangun di atas pondasi religiusitas masyarakatnya.
 agama merupakan sesuatu yang urgen dan menjadi bab integral dalam kehidupan sehari [pdf] Modul Pendalaman Materi Aqidah Akhlak
Modul Pendalaman Materi Aqidah Akhlak
Menyadari pentingnya posisi agama dalam kehidupan bangsa Indonesia, maka dalam Pasal 31 Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 perihal Sistem Pendidikan Nasional disebutkan bahwa Pendidikan Nasional berfungsi membuatkan kemampuan dan membentuk tabiat serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi penerima didik semoga menjadi insan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.

Dari amanat perundang-undangan sebagaimana di atas, maka pendidikan agama menempati posisi penting dalam konfigurasi sistem kurikulum nasional. Mata pelajaran agama wajib diberikan kepada penerima didik,  dari jenjang Taman kanak-kanak (TK) hingga Perguruan Tinggi (PT), baik untuk jenjang pendidikan madrasah maupun sekolah. Meskipun demikian, sepertinya pendidikan agama sejauh ini hasilnya  masih jauh dari harapan. Pendidikan Agama masih belum bisa mengangkat moralitas bangsa. Bahkan, fatwa agama yang mestinya menjadi dorongan dan semangat untuk beretos kerja yang tinggi dan berperilaku tertib serta disiplin, ternyata belum sepenuhnya bisa menjawab problem tersebut.

Kondisi yang demikian tentunya menjadi dorongan sekaligus tantangan khususnya bagi guru rumpun/mata pelajaran agama untuk selalu membenahi diri dan meningkatkan kompetensinya semoga bisa menanamkan nilai-nilai fatwa agama secara efektif kepada penerima didiknya. Mengingat mengajar agama kepada anak mempunyai karakteristik dan tingkat kesulitan yang berbeda dengan mata pelajaran lainnya, maka guru perlu memahami taktik pembelajaran dengan menyesuaikan dengan karakteristik rumpun mata pelajaran atau materinya. Di sisi lain, orientasi pendidikan agama bukan saja menekankan pada tingkat kecerdasan (IQ) anak semata, namun yang lebih penting ialah menanamkan aspek-aspek kecerdasan spiritual (SQ) dan kecerdasan emosional (EQ) anak secara simultan. Oleh alasannya ialah itu, guru agama harus bisa merumuskan model pembelajaran yang efektif sehingga bisa membuatkan kecerdasan anak secara jamak.

Pendidikan Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah sebagai bab integral dari pendidikan Agama, memang bukan satu – satunya faktor yang memilih dalam pembentukan tabiat dan kepribadian penerima didik. Tetapi secara substansial mata pelajaran Aqidah Akhlak mempunyai bantuan dalam memperlihatkan motivasi kepada penerima didik untuk mempraktekan nila-nilai keyakinan keagamaan (tauhid) dan Akhlakul karimah dalam kehidupan sehari – hari. Mata pelajaran PAI dicantumkan dalam struktur kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) madrasah tsanawiyah (MTs/SMP) yang penggunaannya ditetapkan menurut Permen Nomor 24 Tahun 2006.

Pendidikan Aqidah Akhlak ialah upaya sadar dan berkala dalam menyiapkan penerima didik untuk mengenal, memahami, menghayati dan mengiamani Allah SWT, dan merealisasikannya dalam sikap adab mulia dalam kehidupan sehari – hari melalui aktivitas bimbingan, pengajaran, latihan, penggunaan pengalaman dan kebiasaan. Dalam kehidupan masyarakat yang beragam dalam bidang keagamaan, pendidikan ini juga diarahkan pada peneguhan aqidah di satu sisi dan peningkatan toleransi serta saling menghormati dengan penganut agama lain dalam rangka mewujudkan kesatuan dan persatuan bangsa.

Download pula materi pendalaman:
Pendalaman Materi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
Pendalaman Materi Al-qur'an Hadist
Pendalaman Materi Fikih
Mata pelajaran Aqidah Akhlak bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan penerima didik yang diwujudkan dalam Akhlaknya yang terpuji, melalui dukungan dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengamalan serta pengalaman penerima didik perihal aqidah dan adab Islam, sehingga menjadi insan muslim yang terus berkembang dan meningkat kualitas keimanan dan ketaqwaanya kepada Allah Swt, serta beraklak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta untuk sanggup melanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah berfungsi untuk : 
  • (a) Penanaman nilai dan fatwa Islam sebagai pedoman mencapai kebahagian hidup di dunia dan alam abadi ; 
  • (b) Penegukahan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt, serta pengembangan adab mulia penerima didik secara optimal mungkin, melanjutkan pendidikan yang telah lebih dahulu dilaksanakan dalam keluarga; 
  • (c) Penyesuaian menyatu dan diri penerima didik terhadap lingkungan fisik dan social dengan bekal Aqidah Akhlak; 
  • (d) Perbaikan kasus – masalah, kelemahan – kelemahan penerima didik dalam keyakinan, pengamalan fatwa agama Islam dalam kehidupan sehari – hari; 
  • (e) Pencegahan penerima didik dari hal – hak negatif dari lingkungannya atau dari budaya ajaib yang dihadapinya sehari – hari; 
  • (f) Pengajaran perihal isu dan pengetahuan keimanan dan Akhlak, serta sistem fungsionalnya; (g) Pembekalan penerima didik untuk mendalami Aqidah Akhlak pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah (MTs) berisi materi pelajaran yang sanggup mengarahkan pada pencapaian kemampuan dasar penerima didik untuk sanggup memahami rukun doktrin dengan sederhana serta pengamalan dan pembiasan berakhlak islam secara sederhana, untuk sanggup dijadikan landasan sikap dalam kehidupan sehari – hari serta sebagai bekal untuk jenjang pendidikan berikutnya. 
Selengkapnya Download Materi: Modul Materi Akidah Akhlak
Demikian klarifikasi materi Modul Pendalaman Materi Aqidah Akhlak semoga bermanfaat.


Demikianlah Artikel [Pdf] Modul Pendalaman Bahan Aqidah Akhlak

Sekianlah artikel [Pdf] Modul Pendalaman Bahan Aqidah Akhlak kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel [Pdf] Modul Pendalaman Bahan Aqidah Akhlak dengan alamat link https://epoolista.blogspot.com/2012/02/pdf-modul-pendalaman-bahan-aqidah-akhlak.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel