Modul Instrumen Evaluasi Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk Smp/Mts Terbaru

Modul Instrumen Evaluasi Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk Smp/Mts Terbaru - Hallo sahabat epoolista, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Modul Instrumen Evaluasi Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk Smp/Mts Terbaru, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Juknis, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Modul Instrumen Evaluasi Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk Smp/Mts Terbaru
link : Modul Instrumen Evaluasi Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk Smp/Mts Terbaru

Baca juga


Modul Instrumen Evaluasi Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk Smp/Mts Terbaru

Modul Instrumen Penilaian Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk SMP/MTs Terbaru

Modul Instrumen Penilaian Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk SMP/MTs Terbaru - Direktorat Pembinaan SMP, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan pinjaman banyak sekali pihak telah berhasil menyusun dan menyebarkan materi bimbing Bridging Course Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, dan IPS untuk kelas VII.
 Modul Instrumen Penilaian Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk SMP Modul Instrumen Penilaian Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk SMP/MTs Terbaru
Modul Instrumen Penilaian Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk SMP/MTs Terbaru
Bahan bimbing ini dikembangkan dengan latar belakang bahwa akseptor didik gres kelas VII belum terbiasa dengan proses pembelajaran melalui pendekatan ilmiah. Sebagian di antara mereka mungkin belum mempunyai bekal (baik sikap, pengetahuan, dan keterampilan) yang memadai untuk memulai pendidikannya pada jenjang SMP. Hal ini antara lain disebabkan oleh adanya perbedaan antara isi Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013. Belum terbiasanya akseptor didik gres kelas VII SMP dalam mengikuti pembelajaran dengan pendekatan ilmiah dan belum mempunyai bekal yang cukup dalam hal sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Bahan bimbing ini dikembangkan dengan tujuan untuk menyamakan kemampuan awal akseptor didik gres pada mata pelajaran tersebut di atas, lantaran mereka berasal dari banyak sekali SD. Selain itu, materi bimbing ini juga dimaksudkan untuk mencapai kompetensi bidang studi, melatihkan learning skill (keterampilan proses mata pelajaran) dan menumbuhkan karakter, minat baca. Penyajian materi bimbing ini dibentuk secara sistematis dan tampilan yang menarik dengan pendekatan ilmiah.

Direktorat Pembinaan SMP mengucapkan terimakasih atas pengabdian serta sumbangan pemikirannya kepada tim penyusun, tim penelaah, dan kepada semua pihak, yang telah berperan aktif dalam membantu direktorat dalam menuntaskan materi bimbing ini. Semoga materi bimbing ini sanggup memperlihatkan manfaat positif bagi guru dan akseptor didik dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia pada tingkat SMP khususnya, dan pendidikan di Indonesia pada umumnya.

Pembelajaran dan penilaian hasil berguru merupakan komponen esensial dalam implementasi Kurikulum 2013. Keberhasilan pembelajaran sanggup diketahui melalui penilaian. Hasil penilaian juga dipakai untuk menyempurnakan pembelajaran. Keterpaduan dan kefektivan pembelajaran dan penilaian sangat besar pengaruhnya dalam keberhasilan implementasi Kurikulum 2013.

Hasil monitoring dan penilaian pelaksanaan Kurikulum 2013 tingkat SMP pada tahun 2014 memperlihatkan bahwa salah satu kesulitan pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 yakni dalam melakukan penilaian hasil belajar. Sekitar 60% responden pendidik menyatakan bahwa mereka belum sanggup merancang, menyebarkan instrumen, melaksanakan, mengolah, melaporkan, dan memanfaatkan hasil penilaian dengan baik. Kesulitan utama yang dihadapi pendidik: merumuskan indikator, menyusun butir- butir instrumen, dan melakukan penilaian perilaku dengan banyak sekali macam teknik. Selain itu, banyak di antara pendidik yang kurang percaya diri dalam melakukan penilaian keterampilan. Mereka belum sepenuhnya memahami bagaimana menyusun instrumen dan rubrik penilaian keterampilan.

Kesulitan lain yang banyak dikeluhkan pendidik berkaitan dengan penulisan deskripsi capaian aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan. Di samping itu, sejumlah pendidik mengaku bahwa mereka belum percaya diri dalam menyebarkan butir-butir soal pengetahuan. Mereka kurang memahami bagaimana merumuskan indikator dan menyusun butir-butir soal untuk pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif yang dikombinasikan dengan keterampilan berpikir tingkat rendah sampai tinggi.

Berkaitan dengan permasalahan kurangnya penguasaan pendidikan dalam penilaian hasil belajar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah menyebarkan Panduan Penilaian pada Sekolah Menengah Pertama. Secara substantif, panduan tersebut memuat konsep penilaian, perencanaan penilaian, pengembangan instrumen, pelaksanaan penilaian, pengolahan dan pemanfaatan hasil penilaian.

Download juga:

  1. Kisi-Kisi Soal Mapel PAIBP AMP/MTs Kelas 7,8,9
  2. Kisi-Kisi Soal PAS Kurikulum 2013 SMP Kelas 9
  3. Komponen Pembiayaan BOS Reguler SD SMP Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan SDLB SMPLB SMALB SLB
  4. KKM/KBM SMP-MTs Kelas 7-8-9 Kurikulum 2013 Terbaru
  5. KKM K-13 Bahasa Indonesia SMP Kelas 7, 8, 9 Revisi
  6. Instrumen Supervisi Kepala Sekolah SD, SMP, Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Dan KTSP
  7. Bukti Fisik Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) Terbaru

Di samping itu, dibahas pula cara pengisian raport. Untuk melengkapi isi panduan tersebut, dikembangkan modul pengembangan instrumen penilaian untuk empat mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA. Pembahasan materi pengembangan instrumen dalam modul ini dilakukan secara teknis dan runtut sehingga para pendidikan dibutuhkan sanggup lebih gampang dalam memahami, dan mengaplikasikannya sesuai mata pelajaran.

Secara lengkapnya pribadi saja download pada sajian di bawah ini:
Link Download: Modul Pengembangan Instrumen Penilaian Bhs Inggris SMP
Demikian ulasan singkat materi wacana Modul Instrumen Penilaian Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk SMP/MTs Terbaru agar bermanfaat, serta mohon maaf atas segala kekurangan kami.


Sumber utama: http://ditpsmp.kemdikbud.go.id



Demikianlah Artikel Modul Instrumen Evaluasi Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk Smp/Mts Terbaru

Sekianlah artikel Modul Instrumen Evaluasi Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk Smp/Mts Terbaru kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Modul Instrumen Evaluasi Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk Smp/Mts Terbaru dengan alamat link https://epoolista.blogspot.com/2012/02/modul-instrumen-evaluasi-mata-pelajaran.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel