Kisi-Kisi, Soal Kelas 4 Evaluasi Tamat Semester Ganjil

Kisi-Kisi, Soal Kelas 4 Evaluasi Tamat Semester Ganjil - Hallo sahabat epoolista, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Kisi-Kisi, Soal Kelas 4 Evaluasi Tamat Semester Ganjil, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Soal SD/MI, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Kisi-Kisi, Soal Kelas 4 Evaluasi Tamat Semester Ganjil
link : Kisi-Kisi, Soal Kelas 4 Evaluasi Tamat Semester Ganjil

Baca juga


Kisi-Kisi, Soal Kelas 4 Evaluasi Tamat Semester Ganjil

Kisi-Kisi, Soal Kelas 4 Penilaian Akhir Semester Ganjil

Kisi-Kisi, Soal Kelas 4 Penilaian Akhir Semester Ganjil - Kisi-kisi ialah suatu format atau matriks yang memuat informasi yang sanggup dijadikan sebagai pedoman untuk menulis soal atau merakit soal menjadi tes. Kisi-kisi disusun menurut tujuan penggunaan tes. Penyusunan kisi-kisi merupakan langkah penting yang harus dilakukan sebelum penulisan soal. 
kisi ialah suatu format atau matriks yang memuat informasi yang sanggup dijadikan sebagai p Kisi-Kisi, Soal Kelas 4 Penilaian Akhir Semester Ganjil

Dengan adanya kisi-kisi, penulis soal akan menghasilkan soal-soal yang sesuai dengan tujuan dan perakitan soal akan lebih terarah dalam merakit tes. Bila beberapa penulis soal memakai satu kisi-kisi, akan dihasilkan soal-soal yang relatif sama (paralel) dari tingkat kedalaman dan cakupan materi yang ditanyakan.

Kisi-kisi ialah suatu format atau matriks yang memuat kriteria perihal soal-soal yang diharapkan atau    yang hendak disusun. Kisi-kisi juga sanggup diartikan test blue-print atau table of specification merupakan deskripsi kompetensi dan materi yang akan diujikan. Wujudnya ialah sebuah tabel yang memuat perihal perperinciannya materi dan tingkah laris beserta imbangan/proporsi yang dikehendaki oleh penilai. Tiap kotak diisi dengan bilangan yang memperlihatkan jumlah soal.

Kisi-kisi ialah suatu format berupa matriks yang memuat informasi yang dijadikan pedoman untuk  menulis soal atau merakit soal menjadi suatu tes. Kisi-kisi berisi ruang lingkup dan isi materi yang akan diujikan. Tujuan penyusunan kisi-kisi ialah untuk menentukan ruang lingkup dan sebagai petunjuk dalam menulis soal.

Fungsi Kisi-Kisi soal secara umum

1. Panduan/pedoman dalam penulisan soal  yang hendak disusun pedoman penulisan soal merupakan aspek terpenting dikala guru hendak memperlihatkan soal kepada siswa, pedoman tersebut akan menjadi contoh bagi guru dalam penulisan soal sehingga akan memudahkan dalam pembuatan soal.

2. Penulis soal akan menghasilkan soal-soal yang sesuai dengan tujuan tes. Tes merupakan materi penilaian guru terhadap keberhasilan penerima didik dalam pembelajaran yang disampaikan, guru dalam mengevalusi penerima didik akan memperlihatkan soal tes penilaian yang majemuk sesuai dengan tujuan pencapaian penilaian terhadap pembelajaran tertentu. Dalam pembuatan soal yang memakai kisi-kisi, penulis akan menghasilkan soal-soal yang sesuai dengan tujuan tes.

3. Penulis soal yang berbeda akan menghasilkan perangkat soal yang relatif sama, dari segi tingkat kedalamannya segi cakupan materi yang ditanyakan. Penulisan kisi-kisi berfungsi untuk menselaraskan perangkat soal, sehingga hal ini juga akan mempermudah dalam proses evaluasi.

Syarat kisi-kisi
Kisi-kisi tes prestasi akademik harus memenuhi persyaratan berikut.
1.Mewakili isi kurikulum yang akan diujikan.
2.Komponen-komponennya rinci, jelas, dan gampang dipahami.
3.Indikator soal harus terperinci dan sanggup dibentuk soalnya sesuai dengan bentuk soal yang telah ditetapkan.

Komponen kisi-kisi
Komponen-komponen yang diharapkan dalam sebuah kisi-kisi diubahsuaikan dengan tujuan tes. Komponen kisi-kisi terdiri atas komponen identitas dan komponen matriks. Komponen identitas diletakkan di atas komponen matriks. Contoh komponen identitas yang dimasukkan ialah jenis/jenjang sekolah, aktivitas studi/jurusan, mata pelajaran, tahun ajaran, kurikulum yang diacu, alokasi waktu, jumlah soal, dan bentuk soal. Komponen-komponen matriks berisi kompetensi dasar yang diambil dari kurikulum, kelas dan semester, materi, indikator, dan nomor soal.

Proses pembagian terstruktur mengenai Kompetensi Dasar (KD) menjadi indikator ialah Kompetensi Dasar (KD), Materi, dan Indikator.

Penyusun kisi-kisi dalam menjabarkan KD menjadi indikator perlu melalui langkah-langkah berikut:
1. Memilih KD yang akan diukur;
2. Menentukan materi;
3. Membuat indikator yang mengacu pada KD dengan memperhatikan materi/konsep yang dipilih.

Download Juga:

Karena keterbatasan jumlah soal, kadang kala perlu menentukan KD yang esensial. Adapun kriteria pemilihan KD yang esensial adalah:
  • Merupakan KD lanjutan/pendalaman dari satu KD yang sudah dipelajari sebelumnya.
  • Merupakan KD penting yang harus dikuasai penerima didik.
  • Merupakan KD yang sering diharapkan untuk mempelajari mata pelajaran lain.
  • Merupakan KD yang berkesinambungan yang terdapat pada semua jenjang kelas.
  • Merupakan KD yang mempunyai nilai terapan tinggi dalam kehidupan sehari-hari.

Kriteria indikator
  1. Memuat ciri-ciri KD yang akan diukur.
  2. Memuat kata kerja operasional yang sanggup diukur (satu kata kerja operasional untuk soal pilihan ganda, satu atau lebih dari satu kata kerja operasional untuk soal uraian).
  3. Berkaitan dengan materi/konsep yang dipilih.
  4. Dapat dibentuk soalnya sesuai dengan bentuk soal yang telah ditetapkan.

Komponen-komponen indikator soal yang perlu diperhatikan ialah subjek, sikap yang akan diukur, dan kondisi/konteksnya.

Materi selengkapnya sebagai berikut:

Demikian klarifikasi singkat materi Kisi-Kisi, Soal Kelas 4 Penilaian Akhir Semester Ganjil semoga bermanfaat.


Demikianlah Artikel Kisi-Kisi, Soal Kelas 4 Evaluasi Tamat Semester Ganjil

Sekianlah artikel Kisi-Kisi, Soal Kelas 4 Evaluasi Tamat Semester Ganjil kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Kisi-Kisi, Soal Kelas 4 Evaluasi Tamat Semester Ganjil dengan alamat link https://epoolista.blogspot.com/2012/02/kisi-kisi-soal-kelas-4-evaluasi-tamat.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel