Kisi-Kisi Soal Evaluasi Final Semester (Pas) Kelas 6 Semester 1 K13

Kisi-Kisi Soal Evaluasi Final Semester (Pas) Kelas 6 Semester 1 K13 - Hallo sahabat epoolista, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Kisi-Kisi Soal Evaluasi Final Semester (Pas) Kelas 6 Semester 1 K13, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Soal SD/MI, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Kisi-Kisi Soal Evaluasi Final Semester (Pas) Kelas 6 Semester 1 K13
link : Kisi-Kisi Soal Evaluasi Final Semester (Pas) Kelas 6 Semester 1 K13

Baca juga


Kisi-Kisi Soal Evaluasi Final Semester (Pas) Kelas 6 Semester 1 K13

Kisi-Kisi Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Kelas 6 Semester 1 K13

Kisi-Kisi Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Kelas 6 Semester 1 K13 - Penilaian kompetensi membutuhkan perencanaan, pelaksanaan, dan pengolahan yang matang. Agar hasil yang diperoleh dari pengolahan sanggup dimanfaatkan secara maksimal. Proses perencanaan sanggup dilakukan dengan memilih kompetensi yang akan diukur. Kompetensi yang akan diukur telah dikembangkan oleh tokoh-tokoh pendidikan. Tokoh-tokoh yang membuatkan kompetensi mencakup Benjamin S. Bloom, Quellmalz, R.J. Mazano, Robert M. Gangne, David Krathwohl, Norman E.G. dan Linn dan Grouloud.
Penilaian kompetensi membutuhkan perencanaan Kisi-Kisi Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Kelas 6 Semester 1 K13
Kisi-Kisi Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Kelas 6 Semester 1 K13

Dalam penentuan kompetensi terlebih dahulu ditentukanlah materi yang akan digunakan. Setelah memilih materi yang digunakan, langkah selanjutnya adalah  memilih sikap yang akan diukur berdasarkan rumusan kompetensi baik standar kompetensi maupun kompetensi dasar yang diubahsuaikan dengan kemampuan penerima didik di kelas. Namun, sebelum melaksanakan penilaian, alangkah baiknya apabila kita mengetahui pengertian penilaian terlebih dahulu.

Penilaian berdasarkan Permendikbud No 66 tahun 2013, penilaian merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian-pencapaian kompetensi penerima didik yang mencangkup: penilaian otentik, penilaian diri, penilaian berbasis portofolio, ulangan, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan semester, ulangan tingkat kompetensi, ujian mutu tingkat kompetensi, ujian nasional, dan ujian sekolah.

Penilaian pengetahuan merupakan penilaian potensi intelektual yang terdiri dari tahapan mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan. Tahapan-tahapan pengetahuan tersebut merupakan perbaikan yang dilakukan Krathwohl terhadap taksonomi Blomm. Penilaian pengetahuan sanggup dilakukan memakai tes tertulis, lisan, maupun penugasan.

Cakupan penilaian pengetahuan berdasarkan Permendikbud Nomor 60 tahun 2013 mencakup pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural. Pengetahuan faktual merupakan pengetahuan yang berkaitan dengan termonologi atau istilah serta bab detail wacana unsur. Pengetahuan konseptual merupakan pengetahuan yang berkaitan dengan penggolongan, katagori, teori prinsip, generalisasi, model, dan struktur. Pengetahuan prosedural yaitu pengetahuan mengenai alogoritma dalam melaksanakan sesuatu. Teknik penilaian kompetensi pengetahuan dilakukan dengan tes tertulis, tes lisan,dan penugasan. Tes tertulis, lisan, dan penugasan memerlukan butir soal di dalam penggunaannya.

Bagaimakah langkah-langkah untuk menyusun soal?

Langkah penyusunan soal meliputi:  

(1) memilih tujuan tes, 
(2) memilih kompetensi yang akan diujikan, 
(3) memilih materi yang akan diujikan, 
(4) tetapkan penyebaran butir soal berdasarkan kompetensi, materi, dan bentuk penilaian, 
(5) menyusun kisi-ksi, 
(6) menulis butir soal, 
(7) memvalidasi butir soal, 
(8) merakit soal, 
(9) menyusun pedoman penskoran, 
(10) uji coba butir soal, 
(11) analisis butir soal secara kuantitatif dari data hasil empiric, dan 
(12) perbaikan. 

Terdapat penyusunan kisi-kisi di dalam uraian langkah-langkah tersebut. Kisi-kisi merupakan deskripsi kompetensi dan materi yang akan diujikan. Tujuan pembuatan kisi-kisi yaitu memilih ruang lingkup dan sebagai petunjuk dalam memahami soal. Kisi-kisi yang baik yaitu kisi-kisi sanggup mewakili isi silabus atau materi yang telah diajarkan, komponen-komponennya gampang diuraikan dan dipahami, serta materi yang akan diujikan sanggup dibuatkan soalnya.

Penyusunan kisi-kisi tidak sanggup dilepaskan dari penyusunan indikator. Indikator yang berada di dalam kisi-kisi merupakan pedoman dalam merumuskan soal yang dikehendaki. Indikator yang baik yaitu indikator yang memakai kata kerja operasional yang tepat, memakai satu kata kerja operasional untuk pilihan ganda, dan satu atau lebih untuk soal yang berbentuk uraian.

Setelah memilih indikator dan kisi-kisi, tindakan berikutnya yaitu menyusun butir soal. Penyusunan butir soal harus berpedoman pada kisi-kisi dan indikator yang telah dibentuk serta kaidah penulisan soal baik soal uraian maupun soal pilihan ganda. Baik soal pilihan ganda maupun soal uraian memiliki kelebihan dan kekurangan. 

Kelebihan soal pilihan ganda yaitu bisa menilai secara objektif dan kelebihan soal uraian yaitu sanggup menilai kemampuan penerima didik dalam mengoranisisr tanggapan dengan memakai bahasa sendiri. Kekurangan soal pilihan ganda yaitu sukar untuk memilih pengecohnya sedangkan kekurangan soal uraian yaitu sukar memilih pedoman penskorannya. Nana Sudjana (2009) beropini kelebihan soal bentuk pilihan ganda adalah:

a. Materi yang diujikan sanggup mencangkup sebagian besar dari materi pengajaran yang diajarkan
b. Jawaban siswa sanggup dikoreksi dengan gampang dan cepat
c. Jawaban untuk setiap pertanyaan sudah niscaya benar maupun sudah niscaya salah sehingga bersifat objektif

Selain kelebihan, soal pilihan ganda juga memiliki kelemahan. Nana Sudjana (2009) beropini kelemahan soal pilihan ganda yaitu :

a. Kemungkinan untuk melaksanakan tebakan tanggapan masih cukup besar
b. Proses berpikir siswa tidak sanggup diketahui dengan nyata

Penulisan soal uraian diharapkan ketepatan dan kelengkapan. Ketetapan artinya yaitu materi yang ditanyakan tepat dinyatakan dalam bentuk uraian . Kelengkapan yaitu kelengkapan periliaku diukur yang dipakai untuk tetapkan aspek yang dinilai di dalam pedoman penskorannya. Berdasarkan metode penskorannya, soal uraian digolongkan ke dalam dua bentuk yaitu uraian objektif dan uraian non objektif. Bentuk uraian objektif menilai hasil tanggapan yang diberikan penerima didik dengan 1, 0, maupun benar salah. Bentuk uraian non objektif merupakan soal uraian yang penskorannya sulit untuk dilakukan.

Penulisan soal bentuk uraian membutuhkan kaidah-kaidah. Kaidah-kaidah yang perlu diperhatikan dalam penyusunan soal meliputi:

1. Materi

• Soal harus sesuai indikator
• Setiap pertanyaan harus diberikan batasan tanggapan yang diharapkan
• Materi yang ditanyakan sesuai dengan tujuan pengukuran
• Materi yang ditanyakan sesuai tingkat pendidikan

2.Kontruksi

• Menggunakan kata tanya
• Ada petunjuk yang jelas
• Setiap soal ada pedoman penskorannya
• Tabel, gambar, grafik disajikan dengan terperinci terbaca, dan berfungsi

3.Bahasa

• Komunikatif
• Sesuai EYD
• Tidak menjadikan penafsiran ganda
• Tidak memakai bahasa tempat maupun bahasa tabu
• Tifak menyinggung perasaan perasaan penerima didik.

Dalam penyusunan soal pilihan ganda juga memakai kaidah-kaidah yang perlu diperhatikan. Penyusunan soal pilihan ganda memerlukan ketelitian dan keterampilan. Hal ini mengandung arti bahwa pengecoh yang dipakai harus dibentuk sedemikian rupa sehingga pengecoh tersebut sanggup berfungsi. Kaidah-kaidah yang diharapkan dalam penyusunan soal pilihan ganda yaitu sebagai berikut:

1.Materi

a. Soal harus sesuai dengan indikator
b. Pengecoh harus berfungsi
c. Terdapat 1 tanggapan benar

2.Kontruksi

a. Pokok soal terperinci dan tegas
b. Pokok soal hanya pernyataan yang diharapkan saja
c. Pokok soal jangan memberi petunjuk ke tanggapan yang benar
d. Tidak boleh terdapat arti ganda
e. Jawaban harus logis dan homogeny
f. Panjang tanggapan harus relatif sama
g. Tidak boleh mengandung pernyataan semua benar maupun semua salah
h. Jawaban berbetuk angka dan waktu harus disusun secara berurutan
i. Gambar, grafik, tabel harus berfungsi dan jelas
j. Pokok soal dihentikan mengandung kata yang mengungkapkan ketidakpastian
k. Butir soal jangan bergantung pada tanggapan sebelumnya

3.  Bahasa

a. Sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan
b. Bahasa harus komunikatif
c. Letakkan kata pada pokok soal

Pilihan ganda yang baik memiliki beberapa bagian. Nana Sudjana (2009) beropini bahwa soal pilihan ganda terdiri dari:

a. Stem merupakan pertanyaan atau pernyataan yang berisi permasalahan yang akan dinyatakan
b. Option merupakan sejumlah pilihan atau alternative jawaban
c. Kunci merupakan tanggapan yang benar atau yang paling tepat
d. Distraktor merupakan jawaban-jawaban lain selain kunci jawaban

Format Kisi-kisi penulisan soal terdiri dari: jenis sekolah, mata pelajaran, kurikulum, alokasi waktu, jumlah soal, bentuk soal, penyusun, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar (KI/KD), kelas/semester, materi pokok, indikator soal, dan nomor soal.

Download juga: 
Sebagai citra nyata penjelasan/uraian di atas berikut ini telah kami persiapkan materi Kisi-Kisi lengkap dengan perpaduan soalnya untuk pelaksanaan penilaian Akhir Semester ganjil.

  1. Download File: KISI - KISI Matematika Kelas 6.xlsx 
  2. Download File: Kisi-kisi Agama Kelas 6.docx 
  3. Download File: Kisi-kisi Bahasa Indonesia Kelas 6.xlsx 
  4. Download File: Kisi-kisi Bahasa Inggris Kelas 6.docx 
  5. Download File: Kisi-kisi IPA Kelas 6.docx 
  6. Download File: Kisi-kisi IPS Kelas 6.docx 
  7. Download File: Kisi-kisi Penjaskes kelas 6.docx 
  8. Download File: Kisi-kisi PPKn Kelas 6.docx 
  9. Download File: Kisi-kisi SBK kelas 6.docx 
  10. Download File: Soal Bahasa Indonesia Kelas 6.docx 
  11. Download File: Soal Bahasa Inggris Kelas 6.docx 
  12. Download File: Soal IPS Kelas 6.docx 
  13. Download File: Soal Matematika Kelas 6.docx 
  14. Download File: Soal IPA Kelas 6.doc 
  15. Download File: Soal PAI Kelas 6.docx 
  16. Download File: Soal PJOK Kelas 6.docx 
  17. Download File: Soal SBK Kelas 6.docx 
  18. Download File: Soal uas PPKn Kelas 6.doc
Demikian agar materi Kisi-Kisi Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Kelas 6 Semester 1 K13 sanggup bermanfaat, dan apabila materi yang kami bagikan ini bermanfaat silahkan bagikan kepada rekan-rekan yang lain atau pribadi bagikan melalui media umum pilihan di bawah ini.



Demikianlah Artikel Kisi-Kisi Soal Evaluasi Final Semester (Pas) Kelas 6 Semester 1 K13

Sekianlah artikel Kisi-Kisi Soal Evaluasi Final Semester (Pas) Kelas 6 Semester 1 K13 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Kisi-Kisi Soal Evaluasi Final Semester (Pas) Kelas 6 Semester 1 K13 dengan alamat link https://epoolista.blogspot.com/2012/02/kisi-kisi-soal-evaluasi-final-semester.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel